Frequently Asked Questions

Temukan jawaban atas berbagai pertanyaan umum seputar layanan, program, dan kebijakan yang dijalankan oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bengkulu. Halaman ini dirancang untuk membantu Anda memahami informasi penting secara cepat dan jelas.

Ada pertanyaan?

BPMP Provinsi Bengkulu menyediakan enam layanan yang dapat diakses oleh pengguna layanan, yaitu:

  1. Layanan permohonan data dan informasi
  2. Layanan konsultasi
  3. Layanan permohonan narasumber / fasilitator
  4. Layanan permohonan kerja sama/ kemitraan
  5. Layanan permohonan peminjaman sarana/ prasarana
  6. Layanan pengaduan layanan

Bagi pengguna layanan BPMP Provinsi Bengkulu, dapat mengakses layanan BPMP Provinsi Bengkulu melalui beberapa media berikut:

  • Datang langsung di ULT BPMP Provinsi Bengkulu di Jalan Zainul Arifin Kota Bengkulu

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Tiga instrumen utama yang digunakan yaitu: 

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk menggambarkan Indikator Literasi dan Numerasi, instrumen ini diisi oleh peserta didik terpilih.
  2. Survei Karakter untuk menggambarkan Indikator Karakter, instrumen ini diisi oleh peserta didik terpilih.
  3. Survei Lingkungan Belajar untuk menggambarkan indikator Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Kualitas pembelajaran, instrumen ini diisi oleh Kepala Satuan Pendidikan, seluruh guru yang terdaftar pada NPSN tersebut, dan peserta didik terpilih